Tekan ESC untuk keluar

Al-QURAN, HADIS, DAN MESIN (PART 2)

Pada hari kamis, 19 November 1863, di Pemakaman Militer Gettysburg, Pennsylvania, Amerika Serikat, seseorang lelaki paruh baya berdiri hendak memulai pidatonya.

Dengan tinggi menjulang 193 cm atau sekitar 30 cm lebih tinggi dari rata-rata orang Amerika saat itu, lelaki jangkung berjenggot tebal itu begitu mudah dikenali dan disaksikan di tengah-tengah podium.

Lelaki itu bernama Abraham Lincoln. Dia adalah Presiden Amerika Serikat kala itu, dan dia punya misi penting di hari itu.

Negara yang dipimpin oleh Lincoln sedang tidak sehat. Perang Saudara sedang berkecamuk, banyak wilayah luluh lantak, ekonomi “meroket” ke bawah, ratusan ribu warganya pindah ke alam barzakh.

Bahkan beberapa bulan yang lalu, di lokasi di mana Lincoln kini berdiri, Pertempuran Gettysburg yang dahsyat terjadi. Pertempuran antara sesama anak bangsa itu menewaskan hampir 50 ribu orang. Bau mesiu masih menyeruak di tempat yang kini menjadi pemakaman.

Lincoln tahu bahwa dia harus perform betul di hari itu. Dia harus mampu mengingatkan bangsanya tentang cita-cita ideal Founding Fathers mereka, mengenang jasa para pahlawan yang gugur, dan, yang terpenting, mempersatukan kembali bangsanya yang sedang “cerai”.

Edward Everett, pembicara sebelum Lincoln, khusyuk berpidato hingga dua jam berlalu. Namun, Lincoln ingin tampil beda dengan Everett.

Lincoln ingin hadisnya, ehem maaf pidatonya, short but sweet and memorable. And more importanly, menggema dan melesat ke seluruh pelosok Amerika Serikat bagai Kepak Sayap Kebhinekaaan. Baliho saja tentunya tidak cukup dalam mengusung pesan persatuan.

Setelah menghela nafas panjang, Lincoln memulai pidatonya yang kini begitu masyhur hingga anak-anak SD di Amerika pun hafal.

“Four score and seven years ago […] and that government of the people, by the people, for the people, shall not perish from the earth.”

Situasi hening. Ada tangisan yang menghayati, ada sedikit decak kagum, disusul tepuk tangan ala kadarnya.

Lincoln merasa dirinya gagal sebagai pemimpin di hari itu. Little did he know, apa yang disampaikan di hari itu lambat laun menjadi “mantra suci” bagi bangsanya. Dan pidatonya sendiri menjadi salah satu pidato paling dikenal di kolong langit.

PIDATO LINCOLN DAN VARIANNYA

Walaupun terkenal dan “baru” berusia 159 tahun yang lalu, pidato Lincoln di Gettysburg rupanya memiliki setidaknya 5 versi yang isinya beda-beda. Dan uniknya lagi, kelima-limanya ditulis sendiri oleh Lincoln.

Nah bingung kan?

Berikut versi pidato Lincoln dari ragam rawi:

  1. Versi (Rawi) Nicolay (draft awal) terdiri dari 238 kata; 1272 karakter
  2. Versi (Rawi) Hay (draft akhir, kemungkinan ini yang dibaca) terdiri dari 267 kata; 1431 karakter
  3. Versi (Rawi) Everett terdiri dari 271 kata; 1466 karakter
  4. Versi (Rawi) Bancroft terdiri dari 272 kata; 1463 characters
  5. Versi (Rawi) Kolonel Bliss, anak angkat dari Bancroft, terdiri dari 278 kata; 1473 karakter

Dari lima versi, dua versi rupanya telah ditulis Lincoln SEBELUM menyampaikan pidato. Salah satunya kemungkinan besar adalah yang dipegang (atau dibaca) oleh Lincoln di hari tersebut, entah dengan modifikasi spontan atau tidak. Sisanya diproduksi beberapa bulan SETELAH pidato Gettysburg.

Tak pelak, jurnalis, undangan yang hadir, dan rakyat Amerika yang tak hadir di acara pun kemudian berdebat tentang versi mana yang lebih “shahih”. Dan yang lebih penting lagi, versi mana yang betul-betul disampaikan oleh Lincoln, tanpa penambahan atau pengurangan sedikit pun.

Mereka memperdebatkan, misalnya, apakah Lincoln benar-benar membawa nama Tuhan dalam pidatonya yang singkat itu. Di negara yang mengklaim adanya pemisahan antara Gereja dan Negara, penyempilan kata “Tuhan” oleh presidennya tentu menuai pro dan kontra di Amerika Lawyers Club dan Mata Nancy.

Pasalnya, di versi yang dikirim Lincoln ke koleganya SETELAH acara ada kalimat, “Bangsa ini, DI BAWAH TUHAN, akan memiliki kelahiran baru terkait kebebasan.”

Sedangkan di versi Nicolay dan Hay, Tuhan tidak disebut.

Oleh sebab itu, sejarawan Amerika Serikat Gabor Boritt mengatakan, “Kita tidak tahu pasti versi mana yang betul-betul dipidatokan Lincoln, atau jika dia mengucapkan sesuatu yang di luar dari teks pidato yang telah disiapkan.”

Maklum di zaman itu belum ada live TV, YouTube, Instagram Live, dan Tik Tok.

APPROXIMATE TRUTH

Lalu apa kaitan pidato Lincoln dengan hadis Nabi Muhammad ﷺ?

Sejatinya pidato Lincoln yang berbasis oral lalu tulisan menggarisbawahi tantangan dan juga potensi reliabilitas dari tradisi oral plus tulisan.

Hadis, pada awalnya, adalah tradisi oral. Sebagian sahabat ada yang menulis hadis lalu berhenti karena diperintah oleh Nabi ﷺ. Barulah di zaman tabi’in ada urgensi mempreservasi hadis sebaik mungkin karena, salah satunya, wafatnya para sahabat yang hafal banyak hadis itu sendiri.

Sebagai public and religious leader, Nabi Muhammad ﷺ sering berbicara di depan para sahabatnya sehingga satu kejadian bisa memiliki ragam versi dan periwayatan yang identikal.

Di zaman modern sekalipun tradisi oral plus tulisan bisa saja mempunyai banyak versi. Apalagi tradisi oral yang dimulai 1400 tahun yang lalu. Namun, perlu dipahami bahwa banyaknya versi periwayatan atau variannya tidak MENEGASIKAN kebenaran dari kejadian peristiwa itu.

Maksudnya?

Tidak ada yang menyangkal kebenaran pidato Lincoln yang mutawatir itu; semua warga Amerika “mengimani” hal itu. Maksudnya, bahwa Lincoln benar-benar tampil dan menyampaikan pidato. That’s the truth – the historical truth.

Namun, terkait akurasi dan the exact words (literal truth) yang disampaikan oleh Lincoln itulah yang ada khilafiyah. Di zaman modern sekalipun ini bisa terjadi.

Kendati demikian, kelima versi pidato Lincoln yang ada tetap dianggap benar karena memang berasal dari jalur periwayatan yang otentik dan para perawinya tsiqah (terpercaya).

Tapi apakah 100% benar hingga ke huruf, kata, hingga titik dan komanya? Nah, di sini ada khilafiyah. Oleh sebab itu, seperti halnya hadis sahih, ragam versi pidato Lincoln sering kali disebut juga approximate truth. Atau mendekati kebenaran literalnya, baik secara isi maupun pesannya.

Jadi suatu hadis (sahih, utamanya) itu bisa saja mengandung literal truth (100% akurat kata per katanya dari Nabi Muhammad ﷺ) bisa pula approximate truth (isi kontennya sesuai dengan pesan, perintah, atau larangan Nabi Muhammad ﷺ). Ini bukan kata saya lho ya, saya hanya membahasakan pendapat Imam Hasan Al-Basri.

Nah, kalau kita mau mengetes approximate truth, caranya simpel saja sekarang. Coba kamu bayangkan kamu hadir di Jalan Pegangsaan Timur no. 56 pada hari Jumat, 17 Agustus 1945, jam 10 pagi.

Lalu Bung Karno berdiri dan membaca teks Proklamasi Republik Indonesia yang singkat itu. Nah, sekarang kamu coba ulangi dalam hati isi teks proklamasi yang dibaca oleh beliau tanpa ngecek Google.

….

….

….

Sudah?

Baik, ini Teks Proklamasi yang asli (literal truth):

“Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno/Hatta”

Kalau yang kamu ulangi mirip dan sejalan pesannya, maka itulah kurang-lebih yang dimaksud approximate truth.

Dan kalau kamu berhasil mengulangi 100% sama dengan teks aslinya sampai ke ejaan tempoe doeloe-nya dan kamu punya kepribadian yang jujur, adil, dan terpercaya. Selamat kamu kini adalah perawi teks proklamasi yang tsiqah.

Besok-besok insyaAllah kita akan bahas dan buktikan konsep approximate truth dan reliabilty of hadith tradition. Dan betapa hebat para ulama seperti Imam Malik, Syafii, Ahmad, Bukhari, Tirmidzi, dst dalam merawat kelestarian apa yang awalnya menjadi tradisi oral menjadi tradisi tulis hadis.

Pemirsa, kita rehat sejenak.

 

@hamdan.hamedan on Instagram
MULIA DENGAN REZEKI HALAL

Dalam suatu riwayat, Rasulullah ﷺ memuji lelaki yang rela bersusah payah menggotong kayu bakar lalu menjualnya (HR. Bukhari no. 1471).

Mengapa Rasulullah ﷺ memujinya?

Karena bekerja, sesederhana apa pun, itu lebih mulia daripada mengemis pada manusia. 

Karena lelaki itu mencari nafkah yang halal dengan tangannya untuk menghidupi dirinya dan keluarganya.

Dan tidak ada nafkah yang lebih baik ketimbang yang diupayakan oleh jerih payah tangan sendiri (HR. Bukhari no. 2072).

Siapapun kamu, penjual kayu bakar atau pedagang es teh, kamu mulia di mata Allah—walau mata manusia sering kali terlalu silau untuk melihatnya.
PERÓN DAN PEKERJA ARGENTINA

Kalau ada satu hal yang begitu dekat di hati menteri pekerja dan kemudian presiden Argentina Juan Perón adalah kesejahteraan para pekerja.

Bagi Perón, harga diri seseorang (dan bangsa) ada pada pekerjaannya. 

Dengan bekerja, seseorang mampu memajukan bangsanya, menafkahi keluarga tercintanya, sehingga ia “gagah” dan “bermartabat” sebagai manusia.

Karenanya, ketika terpilih pada 1946, Perón menjadikan kesejahteraan pekerja sebagai prioritas. Di tengah tantangan ekonomi dan keterbatasan fiskal, ia “berani”  meningkatkan upah pekerja.

Salah satu kebijakannya yang monumental adalah aguinaldo, bonus tahunan setara satu bulan gaji, yang membawa kelegaan finansial bagi jutaan pekerja Argentina.

Namun, ambisi Perón meningkatkan upah hingga 35% dalam waktu singkat membawa konsekuensi berat. Defisit fiskal mendorong pemerintah mencetak uang, memicu inflasi, dan akhirnya melemahkan daya beli masyarakat.

Kisah Perón adalah pelajaran abadi: perjuangan untuk kesejahteraan membutuhkan semangat, tapi juga kehati-hatian. Dan perjuangan itu memang butuh kesabaran untuk berprogres secara bertahap.

Meski tidak sempurna, ingatlah bahwa setiap langkah kecil menuju keadilan sosial (justicialismo) adalah kemenangan yang layak diapresiasi.

Sejarah mengingatkan kita, kebijakan yang gradual dan terukur sering kali lebih berkelanjutan untuk masa depan bangsa. 

Sehingga saya percaya keputusan Presiden @prabowo untuk meningkatkan upah minimum nasional (UMN) satu digit (6,5%) ketimbang permintaan dua digit (10%) sudah tepat. Langkah ini tak hanya bentuk kepedulian terhadap kesejahteraan pekerja, tapi juga kecermatan dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional.

Sejahtera pekerjanya, maju negaranya. Semoga.
Presiden Prabowo: Kunjungan ke Luar Negeri untuk Kemajuan Negeri

Presiden Prabowo Subianto baru saja menyelesaikan lawatan internasional pertamanya.

Melintasi lebih dari 45 ribu kilometer dalam 16 hari, beliau berdiplomasi dengan para pemimpin dunia di Tiongkok, Amerika Serikat, Peru, Brasil, Inggris, dan Uni Emirat Arab.

Kunjungan ini bukan sekadar perjalanan diplomatik, tetapi sebuah upaya untuk kemajuan negeri. Beliau pun pulang membawa “oleh-oleh” untuk bangsanya 🇮🇩:

✅ Komitmen Investasi $18,57 Miliar (~ Rp 294 T)* : Meliputi energi terbarukan, teknologi, dan industrialisasi yang akan mempercepat transformasi ekonomi bangsa, termasuk proyek penangkapan dan pemanfaatan karbon untuk mendukung transisi energi hijau.

✅ Perdagangan: Melalui CEPA dengan Uni Emirat Arab, perdagangan nonmigas diharapkan terus tumbuh dan mencapai $10 miliar.

✅ Diplomasi Strategis: Bertemu para pemimpin dunia seperti Joe Biden, Xi Jinping, Emmanuel Macron, Justin Trudeau, dan Sekretaris Jenderal PBB António Guterres. 

Dalam pertemuannya dengan Guterres, Presiden Prabowo menegaskan dukungan Indonesia terhadap perdamaian dunia dan komitmen terhadap perjuangan P*lest*na. 

Bahkan beliau menyatakan, Indonesia siap mengirim pasukan perdamaian, jika dibutuhkan.

Presiden Prabowo menunjukkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar, siap tampil di GARDA TERDEPAN pergaulan dan perdamaian dunia. 

Welcome home, Mr. President @prabowo . 🌍🇮🇩

*Angka ini hampir dua kali lipat anggaran pertahanan Indonesia (Rp 165 T)
KAPTEN DAN PELATIH SATU NAFAS = SUKSES 

Jose Mourinho bercerita bahwa dia pernah mempunyai kapten hebat di FC Porto. Jorge Costa namanya. 

Saat kondisi kurang ideal, Costa pernah minta izin kepada Mourinho untuk “berbicara” lebih dulu kepada para pemain di ruang ganti sebelum sang pelatih masuk. 

Mourinho pun setuju. 

Hasilnya luar biasa: para pemain langsung terbakar semangat, dan Porto pun keluar sebagai pemenang. 

Bahkan mereka akhirnya sampai mencetak sejarah juara Piala Champions. 

Itulah harmoni antara kapten dan pelatih yang hebat—dua jiwa yang seirama, bekerja sama demi kejayaan tim. 

Kombinasi seperti ini adalah kunci sukses dalam sepakbola, dan lazim ditemukan di tim-tim yang serius mau sukses. 

Yuk, kita bersama-sama mengedukasi tentang pentingnya sinergi antara kapten dan pelatih—bukan mencari hal-hal yang tak substansial, apalagi hanya demi sensasi dan klik semata. 

Trust me, you can do better next time 😊.

P.S. Oh ya, Jorge Costa itu posisinya bek. Jadi mengingatkanku kepada siapa ya? 😎
SELAMAT

Selamat kepada Coach @shintaeyong7777 dan segenap tim atas kemenangan gemilang 2-0 melawan Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Babak Ketiga. 

Rekor-rekor baru pun tercipta:

1️⃣ Kemenangan pertama di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 
2️⃣ Kemenangan pertama atas Arab Saudi sepanjang sejarah
3️⃣ Indonesia sebagai tim ASEAN tersukses di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia dengan raihan 6 poin – melewati Vietnam (4 poin) dan Thailand (2 poin).

Dengan hasil ini, Indonesia berada di peringkat 3 Grup C, membuktikan bahwa harapan itu masih ada dan menyala 🔥

Terima kasih, Garuda, telah membuat kami bahagia dan bangga 🦅🇮🇩

Nah, yang bangga dengan progress dan proses timnas kita, mana nih suaranya? 😊
This error message is only visible to WordPress admins
Error: Access Token is not valid or has expired. Feed will not update.