Tekan ESC untuk keluar

Gerakan Hijrah: Gelombang Baru Kesalehan Islam di Indonesia

Artikel ini telah terbit sebelumnya di majalah Muslim 500 dalam bahasa Inggris

Sejak tahun 2018, sebuah gerakan keagamaan yang dikenal sebagai ‘Gerakan Hijrah’ mulai berkembang di Indonesia. Gerakan ini mempengaruhi bagaimana Islam dipandang dan diamalkan di negara Muslim terbesar di dunia. Dipimpin terutama oleh selebriti dan generasi baru ulama Islam, Gerakan ini terus mendapatkan daya tarik di kalangan generasi muda Indonesia. Segmen populasi ini kritikal dalam memperluas pesan Gerakan di seluruh kepulauan, tidak hanya karena mereka merupakan bagian besar dari demografi negara, tapi juga karena keakraban mereka dengan teknologi dan media sosial.

Pada intinya, Gerakan Hijrah mengajak umat Islam untuk meninggalkan cara hidup yang kurang Islami demi gaya hidup yang lebih Islami. Banyak umat Islam, terutama generasi milenial, melihat ini sebagai kesempatan untuk berubah menjadi versi diri yang lebih baik, versi yang lebih dekat kepada Allah. Pada tahun 2019, IDN Research Institute menemukan bahwa 72,8% milenial Indonesia mengaku bahwa mereka sedang menjalani ‘hijrah’. Perubahan internal dan eksternal seringkali termanifestasi pada mereka yang mengikuti ‘hijrah’. Perubahan dalam berpakaian dan penampilan biasanya menjadi yang pertama terlihat, diikuti oleh perubahan lain dalam perilaku, gaya hidup, dan interaksi sosial.

Transformasi semacam itu bisa berlangsung secara bertahap atau tiba-tiba, tergantung pada individu dan ulama serta ajaran yang mereka ikuti. Dari selebriti yang menjadi pendakwah hingga lulusan Timur Tengah dengan kecenderungan Salafi, hingga ulama moderat dan modern, gelombang kebajikan baru ini tidak kekurangan ulama. Meskipun bisa dibilang bahwa beberapa aliran Islam, khususnya Salafisme, tampaknya mendapat gelombang terbesar.

Namun, dampak positif dari Gerakan ini tidak bisa dipungkiri. Semakin banyak umat Islam yang (kembali) belajar agama mereka, berbondong-bondong ke masjid dan majelis (kelompok belajar Islam) daripada ke mal. Mereka melakukan shalat tahajjud (shalat malam) daripada menari di klub malam. Mereka juga telah meninggalkan gaya hidup yang kurang Islami. Kebangkitan spiritual baru ini juga mempengaruhi perubahan sosial dan ekonomi. Memastikan setiap produk yang digunakan dan dikonsumsi bersertifikat halal telah mengakibatkan lonjakan permintaan untuk produk halal, mulai dari kebutuhan menaruh uang di institusi berbasis Syariah hingga industri pakaian dan kosmetik Islami dan modest yang terus berkembang.

Ambil yang Baik, Tinggalkan yang Buruk

Islam adalah agama yang sangat menghargai pembelajaran. Wahyu pertamanya adalah “Iqra” (‘baca’ atau ‘bacakan’). Mengingat masyarakat Arab abad ke-7 sebagian besar buta huruf, perintah ini merupakan tindakan yang kuat dan transformatif.

Nabi Islam (semoga damai beserta beliau) juga menjadi juara pembelajaran. Beliau (semoga damai beserta beliau) berkata, “Mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap Muslim” (Sunan Ibn Majah 224).

Meski bukan hadits, ada pepatah umum yang diterima bahwa umat Islam harus, “Mencari ilmu dari buaian hingga liang lahat.” Atau dalam istilah hari ini, umat Islam harus menjadi pembelajar seumur hidup.

Seiring Gerakan Hijrah mendapatkan momentum, kebutuhan untuk menemukan guru spiritual bagi para pembelajar yang antusias pun tumbuh. Pada masa lalu, seseorang perlu menghadiri sekolah Islam atau pondok pesantren selama bertahun-tahun untuk mempelajari berbagai ilmu Islam secara tepat. Bahkan setelah proses pendidikan yang panjang di pesantren, banyak lulusan sering merasa mereka baru saja menggaruk permukaan.

Namun, di zaman sekarang, proses akumulasi dan ekstensif seringkali dilewati. Smartphone dan media sosial kini memungkinkan umat Islam untuk belajar Islam di ujung jari mereka. Meskipun ini tidak diragukan lagi memiliki kelebihan dalam meningkatkan pengetahuan seseorang tentang Islam, ini tidak tanpa kekurangannya.

Di Indonesia, pendakwah yang kurang berkualifikasi sekarang tiba-tiba memiliki kesempatan untuk mencoba tafsir Al-Qur’an dan mengambil hukum dari Sahīh al-Bukhārī tanpa penguasaan bahasa Arab dan ilmu prasyarat lainnya, apalagi ijāza (otorisasi) dari ulama atau universitas yang dihormati. Meskipun jelas kekurangan kualifikasi, pendakwah ini mendapatkan popularitas dan jangkauan berkat algoritma media sosial yang acuh tak acuh terhadap keahlian sambil menghargai klik dan konten kontroversial.

Islam Sunni secara khusus ditantang karena tidak memiliki otoritas keagamaan tunggal yang menetapkan keimaman kepada mereka yang berkualifikasi, sehingga menyelesaikan perdebatan agama. Bahkan dalam Gerakan Hijrah, perbedaan pendapat ada. Perbolehan merayakan ulang tahun Nabi (mawlid), misalnya, sering menjadi sumber pertikaian antara ulama dan pengikut mereka dalam Gerakan. Isu panas lainnya adalah apakah pemerintah Indonesia saat ini harus dipatuhi atau diganti dengan khilafah Islam. Namun, dua isu terakhir ini jarang dibahas secara terbuka.

Bagi orang awam, membedakan antara ulama sejati dan ulama semu bisa menjadi rumit, begitu juga memilih siapa yang harus diikuti. Mereka secara alami tertarik pada ulama yang dapat menyampaikan ajaran Islam dengan cara yang sederhana dan dipadu dengan kepastian mutlak. Mereka tentu tidak bisa disalahkan karena lebih memilih keputusan agama yang cepat tentang sebuah isu daripada merenungkan beberapa posisi dalam empat mazhab Islam (al-Madhāhib al-Arba‘ah). Itu jelas di luar kemampuan mereka. Singkatnya, mereka tidak memiliki pelatihan untuk itu, dan dengan demikian, sampai batas tertentu, menemukannya membingungkan, jika tidak membosankan.

Dalam hal kesederhanaan dan ketegasan, mungkin tidak ada yang bisa bersaing dengan ulama Salafi, yang merupakan bagian integral dari Gerakan Hijrah. Pengajaran Islam mereka yang sederhana, bahwa seseorang hanya membutuhkan Al-Qur’ān dan koleksi ḥadīth utama untuk memahami agama, menarik bagi banyak orang. Ketegasan mereka, terutama dalam mendeklarasikan “haram” atau “bid’ah”, bahkan dalam hal-hal di mana perbedaan pendapat yang sah ada, menarik bagi sebagian orang sebagai pemeliharaan kemurnian di dunia yang tercemar. Tidak heran, jika Salafisme mungkin mendapat keuntungan terbesar dari Gerakan Hijrah.

Semuanya mungkin baik-baik saja sampai munculnya “ahli instan” dan “polisi bid’ah”. Dengan akses ke Al-Qur’ān dan koleksi hadīth utama secara online (sering mengandalkan terjemahan), mereka mulai berpendapat dan menyerang beberapa praktik yang mereka anggap bid’ah. Media sosial penuh dengan diatribe yang tidak menguntungkan ini. Umat Islam tradisional di Indonesia, yang secara resmi, nominatif, atau budaya tergabung dalam Nahdlatul Ulama atau Muhammadiyah, sering merasakan dampak serangan ini. Mereka juga membalas, memberi label pada pengikut Hijrah-Salafi ini sebagai neofit belajar mandiri yang pengetahuan superfisial mereka tentang Islam tidak mampu (atau tidak mau) memahami kompleksitas agama. Daripada ‘hijrah’ (migrasi), para tradisionalis lebih memilih istilah ‘tawbah’ (pertobatan). Mereka juga menyarankan bahwa mereka yang baru Hijrah/Tawbah berusaha belajar Islam dari guru yang berakar kuat dalam tradisi melalui rantai guru yang mapan sampai ke Nabi Muhammad—tidak terlalu mengandalkan Shaykh Google atau Imam YouTube.

Pada akhirnya, kedua pihak bisa belajar satu sama lain. Mereka yang saat ini menjalani ‘hijrah’ bisa mendapat manfaat dari pelatihan Islam klasik di pesantren di bawah bimbingan Kiais/Nyais (ulama tradisionalis pria dan wanita). Dan pesantren bisa membuka pintu bagi mereka untuk belajar pendekatan komprehensif terhadap kitab suci Islam. Sementara itu, ulama tradisionalis harus menggandakan upaya mereka dalam menggunakan internet dan media sosial untuk membagikan pengetahuan mereka dengan cara yang resonan dengan audiens yang lebih luas, terutama kalangan muda perkotaan. Menjadi adaptif, moderat, menghargai konsultasi bersama, menghormati ulama, dan bersikap sopan dalam perbedaan pendapat telah menjadi ciri khas Islam di Indonesia selama bertahun-tahun. Lagi pula, inilah esensi umat Islam Indonesia.

@hamdan.hamedan on Instagram
MULIA DENGAN REZEKI HALAL

Dalam suatu riwayat, Rasulullah ﷺ memuji lelaki yang rela bersusah payah menggotong kayu bakar lalu menjualnya (HR. Bukhari no. 1471).

Mengapa Rasulullah ﷺ memujinya?

Karena bekerja, sesederhana apa pun, itu lebih mulia daripada mengemis pada manusia. 

Karena lelaki itu mencari nafkah yang halal dengan tangannya untuk menghidupi dirinya dan keluarganya.

Dan tidak ada nafkah yang lebih baik ketimbang yang diupayakan oleh jerih payah tangan sendiri (HR. Bukhari no. 2072).

Siapapun kamu, penjual kayu bakar atau pedagang es teh, kamu mulia di mata Allah—walau mata manusia sering kali terlalu silau untuk melihatnya.
PERÓN DAN PEKERJA ARGENTINA

Kalau ada satu hal yang begitu dekat di hati menteri pekerja dan kemudian presiden Argentina Juan Perón adalah kesejahteraan para pekerja.

Bagi Perón, harga diri seseorang (dan bangsa) ada pada pekerjaannya. 

Dengan bekerja, seseorang mampu memajukan bangsanya, menafkahi keluarga tercintanya, sehingga ia “gagah” dan “bermartabat” sebagai manusia.

Karenanya, ketika terpilih pada 1946, Perón menjadikan kesejahteraan pekerja sebagai prioritas. Di tengah tantangan ekonomi dan keterbatasan fiskal, ia “berani”  meningkatkan upah pekerja.

Salah satu kebijakannya yang monumental adalah aguinaldo, bonus tahunan setara satu bulan gaji, yang membawa kelegaan finansial bagi jutaan pekerja Argentina.

Namun, ambisi Perón meningkatkan upah hingga 35% dalam waktu singkat membawa konsekuensi berat. Defisit fiskal mendorong pemerintah mencetak uang, memicu inflasi, dan akhirnya melemahkan daya beli masyarakat.

Kisah Perón adalah pelajaran abadi: perjuangan untuk kesejahteraan membutuhkan semangat, tapi juga kehati-hatian. Dan perjuangan itu memang butuh kesabaran untuk berprogres secara bertahap.

Meski tidak sempurna, ingatlah bahwa setiap langkah kecil menuju keadilan sosial (justicialismo) adalah kemenangan yang layak diapresiasi.

Sejarah mengingatkan kita, kebijakan yang gradual dan terukur sering kali lebih berkelanjutan untuk masa depan bangsa. 

Sehingga saya percaya keputusan Presiden @prabowo untuk meningkatkan upah minimum nasional (UMN) satu digit (6,5%) ketimbang permintaan dua digit (10%) sudah tepat. Langkah ini tak hanya bentuk kepedulian terhadap kesejahteraan pekerja, tapi juga kecermatan dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional.

Sejahtera pekerjanya, maju negaranya. Semoga.
Presiden Prabowo: Kunjungan ke Luar Negeri untuk Kemajuan Negeri

Presiden Prabowo Subianto baru saja menyelesaikan lawatan internasional pertamanya.

Melintasi lebih dari 45 ribu kilometer dalam 16 hari, beliau berdiplomasi dengan para pemimpin dunia di Tiongkok, Amerika Serikat, Peru, Brasil, Inggris, dan Uni Emirat Arab.

Kunjungan ini bukan sekadar perjalanan diplomatik, tetapi sebuah upaya untuk kemajuan negeri. Beliau pun pulang membawa “oleh-oleh” untuk bangsanya 🇮🇩:

✅ Komitmen Investasi $18,57 Miliar (~ Rp 294 T)* : Meliputi energi terbarukan, teknologi, dan industrialisasi yang akan mempercepat transformasi ekonomi bangsa, termasuk proyek penangkapan dan pemanfaatan karbon untuk mendukung transisi energi hijau.

✅ Perdagangan: Melalui CEPA dengan Uni Emirat Arab, perdagangan nonmigas diharapkan terus tumbuh dan mencapai $10 miliar.

✅ Diplomasi Strategis: Bertemu para pemimpin dunia seperti Joe Biden, Xi Jinping, Emmanuel Macron, Justin Trudeau, dan Sekretaris Jenderal PBB António Guterres. 

Dalam pertemuannya dengan Guterres, Presiden Prabowo menegaskan dukungan Indonesia terhadap perdamaian dunia dan komitmen terhadap perjuangan P*lest*na. 

Bahkan beliau menyatakan, Indonesia siap mengirim pasukan perdamaian, jika dibutuhkan.

Presiden Prabowo menunjukkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar, siap tampil di GARDA TERDEPAN pergaulan dan perdamaian dunia. 

Welcome home, Mr. President @prabowo . 🌍🇮🇩

*Angka ini hampir dua kali lipat anggaran pertahanan Indonesia (Rp 165 T)
KAPTEN DAN PELATIH SATU NAFAS = SUKSES 

Jose Mourinho bercerita bahwa dia pernah mempunyai kapten hebat di FC Porto. Jorge Costa namanya. 

Saat kondisi kurang ideal, Costa pernah minta izin kepada Mourinho untuk “berbicara” lebih dulu kepada para pemain di ruang ganti sebelum sang pelatih masuk. 

Mourinho pun setuju. 

Hasilnya luar biasa: para pemain langsung terbakar semangat, dan Porto pun keluar sebagai pemenang. 

Bahkan mereka akhirnya sampai mencetak sejarah juara Piala Champions. 

Itulah harmoni antara kapten dan pelatih yang hebat—dua jiwa yang seirama, bekerja sama demi kejayaan tim. 

Kombinasi seperti ini adalah kunci sukses dalam sepakbola, dan lazim ditemukan di tim-tim yang serius mau sukses. 

Yuk, kita bersama-sama mengedukasi tentang pentingnya sinergi antara kapten dan pelatih—bukan mencari hal-hal yang tak substansial, apalagi hanya demi sensasi dan klik semata. 

Trust me, you can do better next time 😊.

P.S. Oh ya, Jorge Costa itu posisinya bek. Jadi mengingatkanku kepada siapa ya? 😎
SELAMAT

Selamat kepada Coach @shintaeyong7777 dan segenap tim atas kemenangan gemilang 2-0 melawan Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Babak Ketiga. 

Rekor-rekor baru pun tercipta:

1️⃣ Kemenangan pertama di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 
2️⃣ Kemenangan pertama atas Arab Saudi sepanjang sejarah
3️⃣ Indonesia sebagai tim ASEAN tersukses di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia dengan raihan 6 poin – melewati Vietnam (4 poin) dan Thailand (2 poin).

Dengan hasil ini, Indonesia berada di peringkat 3 Grup C, membuktikan bahwa harapan itu masih ada dan menyala 🔥

Terima kasih, Garuda, telah membuat kami bahagia dan bangga 🦅🇮🇩

Nah, yang bangga dengan progress dan proses timnas kita, mana nih suaranya? 😊
This error message is only visible to WordPress admins
Error: Access Token is not valid or has expired. Feed will not update.